Senin, 15 Februari 2010

Sejarah I






sejarah dalam bahas inggris adalah history.Sejarah dalam kamus bahas indonesia adalah penegtahuan atau uraian tentang kejadian atau peristiwa yang tejadi pada masaa lampau(lewat masanya);ilmu sejarah, menurut terminologi/kata berarti silsilah para raja. Jika kita simpulkan bahwa sejarah adalah suatu kejadia yang terjadi pada masa lampau.Sejarah ,menurut saya data diklasifikasikan menjadi 2(dua) yaitu sejarah yang sempit dan luas, yaitu: sejarah berarti sempit adalah sejarah pribadi seseorang, baik itu 100 tahun atau bahkan 1 menit yang lalu, itu bisa dikatagorikan sebagai sejarah(sejarah hidup pribadi diri kita sendiri). Sejarah yang lebih luas adalah sejarah masyarkat/negara/ dunia. Dalam sejarah yang cakupannya lebvih luas tersebut menceritakan/berisi tentyng kejadian-kejadian yang telah usai atau telah dilaksanakan dalam suatu tatanan sosial;.
Sejara dalam kehidupan pribadi maupun kenegaraan sangat penting, ini dikarenakan s\dengan kita mempelajari sejarah maka kita dapat belajar darinya. Dengan memepelajari sejarah kita dapat mengkonstruksi/menyususn ulang paling yang kan kita laksanakan sehingga kita tidak terjerumus kedalam lubanga yang sama , jika kita mengalami sejarah yang tidak enak.
Dalam hal ini ilmu sejarah sangat berguna bagi sebuah negara, karena seperti yang dikatakan diatas, kita dapat belajara darai sejarah. Indonesia adalah sebuah negara yang telah berumur lebih dari setengan abad dan pastinya telah terajadi sesuatu yang dalam kurun waktu tersebut. Baik itu sejarah yang baik maupun yang buruk. Tapi entah kenapa dalam perjalanan sebuah negara atau bahkan perjalanan pribadi seorang individu. Selalu saja selalu menutupi sejarah yang buruk.
Kita bisa ambil contoh saja dalam tingkatan yang sempit saja, seorang individu pasti akan menutupi sejarah hidupnya yang kelam. Seeorang merasa sejarah hidupnya yang kelam tersebut adalah sebagai aib bagi perjalann hidupnya yang akan datang. Itu pun berlaku di lingkup yang lebih luas yaitu sejarah negara/masayarakat atau bahkan dunia. Menurut saya masih wajar jika seorang individu merahasiakan sejarahnya yang kelam tatapi sungguh tidak pantas keytika masyk ke tatanan yang lebih luas yaitusejarah masyarakat/negara. Karena ketika kita masuk ketatanan yang lebih luasa maka mau tak mau kita akan menyangkut tentang individu-individu yang lebih banyak. Dalam tatanan yang lebih luas yaitu tatana negara sejarah harus diceritakan sejarah jernih, ini dikarenakan akan memepengarui arah yang akan di ambil sebuah negara, dan juga dengan sejarah yang tidak ditutup-tutupi maka setiap individu dapat belajar dari sejarah tersebut agar dapat menentukan arah yang lebih baiak, baik untuk individu tersebut atau untuk masyarakat sekitarnya.
Kenapa saya mengatakan bahwa sejarah individu dan sejarah negara/masayarakat/sosial sangat berbeda. Ini dikarenakan dalam perjalan hidup seorang manusia, manusia selalu terpengaruhi dengan kondisi/konstruksi sosial yang ada disekitarnya. Seorang manusia tidak pati dapat belajar dari pengalaman sejarah dirinya tetapi manusia pasti dapat belajar dari pengalaman sejarah masyarakatnya sendiri atau paling tidak mempengaruhi cara berpikirnya. Seperti apa yang dikatakan oleh antonio Gramchi, eksistensi sosial mempengaruhi kesadaran manusia dan kesadaran manusia tidak mungkin dapat mempengaruhi eksisitensi sosial.

Tidak ada komentar: